Sabtu, 06 Oktober 2012

CBSA


Kamis, 20 September 2012.

Masih ingat ada apa pada tanggal itu? Masih ingat? Masih ingat?
Itu adalah kali pertama aku mengadakan ulangan resmi buat kalian. Memang sebelumnya aku pernah memberikan pretest, namun itu hanya sebagai suatu alat ukur untuk mengetahui seberapa paham kalian  terhadap materi itu. Oke, sebenarnya, ulangan harian pertama ini akan diadakan pada tanggal 18 September, namun, berhubung pada hari kamis, 13 september jam kita terpotong presentasi BTN, maka iya.. terpaksa banget harus diundur satu minggu.
Hari jum’atnya (kalo gak salah), aku berikan kalian modul buat difotocopy, hampir semua soal yang akan keluar pas ulangan nanti mirip-mirip dengan yang ada di modul. Aku gak tahu itu modul difotocopy atau dimakan(katanya,hehehe…) yang jelas, aku ingin mempermudah kalian. Agar kalian mau belajar, juga belajar bertanggung jawab dan menghargai kinerja orang lain.


Oke, ulangan pun dimulai. Ada 6 soal, dan soal yang nomor 6, mirip persis dengan yang ada dimodul. Peraturan ulangannya sederhana, kalian dilarang menyontek, bekerja sama dalam bentuk apapun dan menggunakan kalkulator.

Pada awalnya, kondisi kelas kondusif, seiring berjalannya waktu, wah,… sama kayak seumumnya ujian, tentunya ada yang memakai metode belajar CBSA. Apa itu CBSA? CBSA adalah Contek Bila Situasi Aman. Haduh. Dan, kalian juga bekerja sama, satu kerja lainnya sama, haduh. Hehehee…..

Tapi di antara situasi yang ricuh itu, ada beberapa yang masih menjaga kejujuran. Tetap bekerja sendiri. Bagaimanapun, tujuan tes ini bukan untuk membuat kalian jadi pelanggar peraturan, tetapi untuk mendewasakan kalian.

Menjadi tua itu pasti, tetapi menjadi dewasa itu pilihan. Kitalah yang menentukan.

Akhirnya waktu pun habis, ku harap kalian bisa mendapatkan nilai bagus semua. Amien…

Dua minggu berlalu, aku bagikan kepada kalian hasil ulangan kalian. Ada 8 anak yang remidi, dan sebagian besar di atas KKM. Hmmm.. selamat buat mas Nanda sebagai pemeroleh nilai tertinggi. Pertahankan dan tingkatkan prestasimu ya…

Buat yang remidi, jangan patah semangat. Masih ada banyak waktu untuk berubah dan memperbaiki semua. So, tetep semangat dan tingkatkan prestasimu.. ingat mata ditaruh di depan agar kita selalu melangkah ke depan.

Buat semuanya, terima kasih atas kerja samanya ketika ulangan kemarin. Tetep semangat dan raihlah hasil yang lebih baik dari yang terbaik menurut kalian. Semangat 70.

See u…. :D